Cara Mencegah Obesitas Pada Anak Diusia Dini

Obesitas Pada Anak - Salah satu kesalahan yang sering kita lakukan adalah kalau anak atau bayi yang tumbuh sangat gemuk adalah tanda dari sehat. Padahal kalau anak mengalami kegemukan hingga obesitas, ganggua atau Masalah kesehatan yang berat seperti diabetes bisa saja terjadi kalau tidak segera diatasi.

Mencegah Obesitas Pada Anak

Obesitas pada anak sering diartikan sebagai bentuk kemakmuran dan tanda anak tidak sulit makan. Namun, kalau gemuknya terlalu berlebihan juga tidak baik khususnya untuk mobilitasnya. Anak-anak biasanya aktif bergerak dan memiliki rasa ingin tahu tinggi. Kalau tubuhnya jadi berat, kemungkinan besar mereka jadi pasif.

Berikut cara mencegah obesitas pada anak.

1). Tahu Porsi Makan Untuk Anak

Saat menyuapi anak, banyak dari kita yang memberikan banyak makanan dan harus dihabiskan. Padahal setiap anak memiliki skala kenyang yang berbeda-beda. Ada yang setengah mangkuk kecil sudah kenyang dan ada yang satu mangkuk malah masih kurang.

Beberapa orang tua memaksakan anak untuk makan itu semuanya sampai habis. Walaupun anak sudah berusaha untuk menolaknya dengan cara menghindar atau tidak mau membuka mulut, Tapi terkadang orang tua tetap memaksanya. Kalau anak dipaksa, bisa saja kalori yang masuk jadi terlalu besar.

2). Jangan Terlalu Dikasih Yang Manis-Manis

Anak-anak sangat suka dengan sesuatu yang manis seperti permen atau sejenisnya. Mereka akan merengek untuk mengonsumsinya setiap saat kalau dibiasakan. Kalau Anda ingin anak menurut atau ingin memberikan penghargaan, jangan langsung memberikan sesuatu yang manis sebagai hadiah atau imbalan. Anak bisa jadi ketagihan dengan hal itu.

3). Kontrol Berat Badan Anak

Sebulan sekali biasanya ada program Posyandu atau sejenisnya untuk mengukur berat badan anak dan disesuaikan dengan umurnya. Kalau ada peningkatan signifikan, orang tua tidak boleh senang dulu. Mereka harus melihat apakah kenaikannya masih di jalur hijau atau sudah di jalur merah yang artinya berlebihan.

Kalau Anda menunjukkan tanda obesitas, coba lakukan konsultasi dengan dokter, bidan, atau perawat. Minta saran apa yang harus dimakan anak sebagai bagian dari dietnya sehingga berat badan bisa turun dan ada pada kondisi normal.

4). Sayuran Berserat

Anak memang cenderung malas makan sayuran. Begitu melihat sayuran mereka akan langsung membuangnya. Orang tua harus bisa menyiasatinya dengan membuat sayuran tidak terlihat. Kalau anak masih berusia 1-2 tahun mungkin bisa dicampur ke nasi atau lauk yang diberikan.

Cara Mencegah Obesitas Pada Anak Diusia Dini - Kalau anak sudah agak besar dan mengetahui rasa dan memiliki keinginan untuk makan sesuatu, Anda harus bisa menyiasati dengan membuat sayuran jauh lebih nikmat. Orang tua juga bisa memberikan pencerahan tentang manfaat dari sayuran, misal bisa membuat anak jadi lebih kuat dan tinggi.

Itulah beberapa solusinya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi obesitas khususnya mencegah obesitas itu agar tidak muncul. Kalau sejak dini anak tidak mengalami obesitas, tumbuh kembangnya akan berjalan dengan baik dan risiko mengalami obesitas saat dewasa bisa dicegah dengan lebih mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel